Friday, May 24, 2013

RPP Bahasa Inggris SMA Kelas X

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             : MAN 1 Bukittinggi
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Semester/ T.A             :  Satu/ 2012/2013
Kelas                           : X (Sepuluh)
Alokasi Waktu            : 2x 45 menit (90 menit)
Standar Kompetensi    :
Speaking
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar       :
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu, berpisah, mengajukan tawaran, menerima tawaran dan menolak tawaran.
Karakter yang diharapkan       :
1.      Berani
2.      Memiliki rasa ingin tahu
3.      Memiliki rasa hormat
4.      Saling menghargai
Materi pembelajaran    :
1.      Inviting
·      I’d like to invite you . . .
·      Would you like to come to . . .
·      Would you care to have . . .
·      Could you come to . . .
2.      Accepting an invitation
·      Thank you I’d love to
·      That would be wonderful
·      Yes, I’d love to
·      OK
3.      Refusing an invitation
·      I wish I could, but . . .
·      Sorry, . .
·      Thank you, but, . . .
Metode/ pendekatan    :
·         Communicative approach
·         CLT and Discussion
Langkah Pembelajaran            :
1.    Pendahuluan
·      Memberi salam
·      Doa
·      Baca Al-Qur’an
·      Mengecek kehadiran siswa
2.    Kegiatan Inti                :
a.    Explorasi
·      Review mengenai pelajaran pertemuan sebelumnya
·      Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa yang berhubungan dengan topic yang akan di bahas (have you ever invite someone to come to your birthday party, . . then how… )
·      Memperkenalkan topic yang akan dipelajari ( now we will learn about invitation, . . .)
b.   Elaborasi
·      Guru memberikan ungkapan-ungkapan yang bisa digunakan untuk mengundang untuk mengajak (I’d like to invite you . . . Would you like to come to . . . Would you care to have . . .)
·      Guru memberikan ungkapan-ungkapan yang bisa digunakan untuk menerima tawaran/undangan (Thank you I’d love to… That would be wonderful..etc)
·      Guru memberikan ungkapan-ungkapan yang bisa digunakan untuk menolak tawaran/undangan (I wish I could, but . . .etc)
·      Guru menambahkan contoh-contoh dari mengajukan tawaran, menerima tawaran, dan menolak tawaran.
·      Guru menugaskan siswa untuk angkat tangan dan memberikan contoh tentang bagaimana caranya untuk mengajukan tawaran
·      Guru menugaskan siswa untuk angkat tangan dan memberikan contoh tentang bagaimana caranya untuk menerima tawaran dari tawaran yang diajukan oleh temannya
·      Guru menugaskan siswa untuk angkat tangan dan memberikan contoh tentang bagaimana caranya untuk menolak tawaran tawaran dari tawaran yang diajukan oleh temannya
·      Guru menugaskan siswa untuk membuat dialog singkat tentang invitation dan mempresentasikannya di depan kelas
c.    Konfirmasi
·      Guru memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam berdialog di depan kelas baik dari segi grammar, pronunciation dan vocabulary
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada hal yang belum dimengerti terkait invitations.
·      Menyimpulkan materi yang sudah dipelajari bersama-sama
·      Menutup pertemuan
Media/ sumber belajar :
1.      BSE, For senior high school,  Grade X
2.      Whiteboard
Penilaian          :
1.      Teknik             : Merespon ungkapan / pertanyaan secara tertulis.
2.      Instrumen        : Terlampir
3.      Tanya jawab

No comments:

Post a Comment